Minggu, 06 Oktober 2013

Cara Konfigurasi DHCP Pada Debian 6.05

Pengertian DHCP  :
      DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) , digunakan untuk melayani request Ip Address dari client. Gunanya adalah, kita tidak perlu lagi repot-repot mengkonfigurasi Ip pada computer,  Client akan meminta Ip Address pada server, kemudian server akan memberikan alokasi ip yang tersisa.

Langkah-langkah Konfigurasi DHCP :
  1. Install DHCP di Linux dengan perintah : apt-get install dhcp3-server.
  2. Setelah menginstall DHCP, lalu kita masuk ke dhcp.conf dengan perintah : mcedit /etc/dhcp/dhcpd.conf. Kita ganti IP di DHCP, tujuan mengganti IP di DHCP adalah untuk menentukan IP Server dan IP Client.







3.      Lalu kita harus masuk ke server DHCP dengan cara : mcedit /etc/default/isc-dhcp-server, dan kita ganti interface= ” ” menjadi interface = “eth0”

4.      Selanjutnya restart IP yang ada di DHCP dengan perintah : /etc/init.d/isc-dhcp-server restart.


5.      Atur juga pengaturan di Debian dengan cara “Devices – Network Adapter – Attached to:” ganti yang semula NAT menjadi seperti gambar dibawah ini.


6.   Berikut ini adalah Indikator keberhasilan, dari langkah-langkah yang sudah kita lakukan. Kita buka “Control Panel – Network and Internet – Network and Sharing Center – Lalu klik VirtualBox Host-Only Network – Details.” Hasilnya seperti gambar dibawah ini :



1 komentar: